SMAN 1 Soppeng Laksanakan Miniatur Pilpres pada Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis - SULSELKINI.COM | REFERENSI BERITA TERPERCAYA

Jumat, 10 November 2023

SMAN 1 Soppeng Laksanakan Miniatur Pilpres pada Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis

SMAN 1 Soppeng Laksanakan Miniatur Pilpres pada Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis


SULSELKINI.COM SOPPENG --Majelis Perwakilan Kelas (MPK) melalui Komisi Pemilihan Osis (KPO) SMAN 1 Soppeng menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis periode 2023/2024

Komisi Pemilihan Osis ( KPO) melaksanakan tugasnya sesuai ketetapan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) mengenai Peraturan Pemilihan Osis tentang Pedoman Penyelenggaraan Pemilihan Osis SMAN 1 Soppeng tahun 2023/2024.
Penyelenggara Pemilihan Osis terdiri dari Komisi Pemilihan Osis (KPO), Badan Pengawas Pemilos (BAWASLO) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilos (DKPP) 

Adapun panitia ditingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara) Komisi pemilihan Osis telah menetapkan KPPS ( Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara) yang terdiri dari 7 orang ditambah dengan 2 orang keamanan. 

Komisi Pemilihan Osis (KPO) pada proses dan tahapannya didekatkan dengan pelaksanaan pilpres, mulai pendataan calon pemilih menjadi Dafta Pemilih Tetap ( DPT) yang terdiri dari seluruh siswa dari hasil pendataan terdapat 1.095 Daftar Pemilih Tetap serta berita acara pemungutan dan perhitungan suara menggunakan Model C-KWK serta sertifikat hasil perhitungan suara menggunakan model C1-PPWP, Catatan Hasil perhitungan suara Model C-Plano- KWK. 

Kemudian penjaringan dan pendaftaran calon ketua OSIS, dari pendaftaran ini terdapat 3 paslon yang ditetapkan maju sebagai kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua Osis  periode 2023/2024 dengan telah melalui proses mulai dari wawancara, debat visi-misi , kampanye dll

Ulil Absar Said selaku Ketua Komisi Pemilhan Osis (KPO) menjelaskan Pemilihan Osis ini kita miniaturkan pemilihan umum pilpres sebagai implementasi Project Penguatan Profil Pancasila (P5) dengan mengusung tema " Suara Demokrasi" 
Sesuai dengan tema yang dipilih untuk kegiatan P5,maka siswa dibimbing untuk melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Ketua OSIS sejak perencanaan kegiatan sampai pencoblosan dan penghitungan suara. 

Naharuddin S. Pd., M. Pd Kepala UPT SMAN 1 Soppeng bahwa "Suara Demokrasi' Pemilhan Ketua dan Wakil Ketua Osis sebagai Implentasi Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) dengan mengusung 3 Topik yaitu derdemokrasi dengan Jurdil, terampil sebagai KPPS,terampil sebagai lembaga Survei

Tujuan kegiatan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa tentang konsep demokrasi, mengaplikasikan prinsip demokrasi dalam kehidupan sehari-hari siswa, dan menerapkan prinsip demokrasi dalam berbagai kegiatan di sekolah dan di masyarakat.

Kegiatan Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan tumbuh dalam diri siswa melalui kegiatan P5 ini adalah berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif, dan inovatif.

Turut hadir dalam Pembukaan Pemilos Kapolres Soppeng, Ketua KPU Soppeng, Bawaslu Kab. Soppeng.(*)


Published Hawaya 💙 IWO 

BERITA TERKAIT

loading...

BERITA TERKAIT LAINNYA

© Copyright 2019 SULSELKINI.COM | REFERENSI BERITA TERPERCAYA | All Right Reserved