Bahas Isu Hoax jelang Pilkada Soppeng, Ini Penyampaian Ketua IWO - SULSEL KINI

Senin, 19 Oktober 2020

Bahas Isu Hoax jelang Pilkada Soppeng, Ini Penyampaian Ketua IWO

Bahas Isu Hoax jelang Pilkada Soppeng, Ini Penyampaian Ketua IWO



SULSEL KINI ■  Podcast Bincang santai kembali hadir tayang dikanal Fans Page Facebooknya. Kali ini mengangkat tema seputar "Peran Media Dalam Mengonter Isu Hoax Menjelang Pilkada Soppeng".

Bincang santai Dipandu oleh Radinal sebagai host, dengan menghadirkan dua (2) Narasumber dari kalangan jurnalis, yakni Andi Agus PH sebagai salah satu Wartawan Senior dikabupaten Soppeng, dan Andi Mull Makmum Ketua Organisasi Ikatan Wartawan Online (IWO) Soppeng. (18/10/2020).

Podcast yang berlangsung santai tersebut, membahas seputar peran media dalam menangkal hoaks pada masa Pilkada.

Dimulai dengan pertanyaan seputar "seperti apa standar dari berita hoaks". Para Narasumber menjelaskan karakteristik dari berita hoaks, selain itu para narasumber juga menjelaskan tentang kode etik dan kaedah kaedah jurnalistik yang merupakan pegangan para pekerja pers.

Andi Mull Makmun yang juga Pemilik Perusahaan PT. Mediainforil zona sulsel Grup Perusahaan yang bergerak dalam bidang media, mengajak masyarakat agar memahami konten berita Hoax, iapun dengan gamblang menjelaskan pemberitaan Hoax itu biasanya tatanan tulisannya tidak tertata rapi dari kadar ejaan yang disempurnakan (EYD), cenderung melenceng dari kaidah etika jurnalistik, teknik penulisan penempatan ejaan yang disempurnakan (5W-1H) tak tertata dengan baik, begitupun nara sumbernyapun kadang mengada ngada tidak jelas serta berita kadang tidak berimbang, isi berita cenderung menzalimi, jelas Ketua IWO Soppeng.

Adapun Andi Agus PH Menegaskan kami meminta para pembaca untuk memilah berita, biasanya judulnya itu memprovokasi, dan kanal beritanya biasa tidak memiliki struktur redaksi yang jelas. Ini harus kita waspadai" pungkas Agus saat menjawab pertanyaan host.

 ■ red

BERITA TERKAIT

loading...

BERITA TERKAIT LAINNYA

© Copyright 2019 SULSEL KINI | All Right Reserved